gravatar

Manfaat Kopi Selain Diminum

Kopi hitam pada umumnya kita nikmati dengan cara diminum pada saat pagi hari maupun pada waktu - waktu tertentu dengan sahabatnya yaitu kue ataupun roti tentunya. Namun apakah anda tau bahwa kopi ada manfaatnya selain diminum ?

Berikut adalah manfaat kopi selain di minum :

1. Sebagai Pewangi Kulkas
Khususnya kopi tubruk atau masih dengan butiran-butiran kasar kopi. Setelah habis diminum jangan langsung dibuang melainkan dikeringkan untuk disimpan dalam mangkuk di kulkas. Ini menghilangkan aroma-aroma tidak sedap dari dalam kulkas yang disebabkan oleh makanan-makanan lain yang disimpan.

2. Sebagai Pupuk untuk tanaman
Kopi bubuk juga bisa menyuburkan tanaman Anda. Ini menjadi semacam pupuk bagi tanaman Anda. akan tetapi ada juga tanaman yang tidak suka diberi pupuk kopi ini seperti : bunga lavender, kubis, paprika.

3. Mencegah serangga
Aroma kopi yang disukai oleh manusia, ternyata serangga tidak menyukai aroma kopi. Hal ini tentunya juga bisa menjadi pengusir serangga seperti semut,serangga dan lainnya. dengan cara taburkan bubuk kopi pada daerah yang sering dilewati serangga dan semut.

4. Pewarna kain

Kopi memberikan warna coklat alami pada kain. seperti batik dan hal ini bisa jadi alternatif pewarna kain buat anda.

5. Memperbaiki goresan
Ketika furnitur Anda ada beberapa bagian yang tergores, campurkan kopi dengan air lalu oleskan pada bagian yang tergores untuk memperbaikinya.

6. Membersihkan noda
Noda bekas makanan atau tinta memang membuat kesal jika sudah membekas di meja. Maka ambilkan kopi dan campur dengan air untuk membersihkannya.

7. Membersihkan debu
Ketika sedang membersihkan rumah maka yang paling menganggu adalah debunya. Gunakan air kopi untuk membersihkan tempat yang berdebu.

8. Memberikan kesan antik
Jika Anda suka membuat sesuatu yang bermotif etnik dan antik, Anda bisa menggunakan air kopi untuk membuat motif vintage pada kertas misalnya.

9. Pengelupasan kulit
Sebagai kosmetik, kopi bisa digunakan untuk membantu mengelupaskan kulit mati sehingga kulit bisa terus bergenerasi.

Semoga info yang kami berikan mengenai kopi bisa bermanfaat bagi anda.
Sampai jumpa dan Selamat beraktivitas... !!!


Sumber : Inilah.com 

@Oemam