gravatar

PUPUK MASIH LANGKA



Kudus 04/05,Persoalan pupuk kembali menjadi persoalan di wilayah kecamatan Undaan pasalnya sejumlah petani megeluhkan hilangnya sejumlah jenis pupuk di pasaran saat ini.
“Mencari pupuk sampai ke Sambung Demak dengan harga 126 ribu padahal berlabel Bersubsidi”Ungkap Petani di Undaan Lor kepada ISK lewat pesan singkat.Itupun menurut pedagang di Sambung Demak pupuk tersebut berasal dari daerah Jepara,karena saat ini memang diduga penurunan pupuk mencapai 70% yang sampai kepada Masyarakat.

Berikut harga pupuk sebelum langka:Urea- 90rb,ZA -75rb,SP 36- 105rb,Phonska -115rb,jenis SP 36 hilang,urea langka ZA langka,Phonska dtg dibatasi....permusim pupuk datang biasanya 70 ton sekarang hanya 20 – 30 ton saja,Keterangan ini dibenarkan plt.Kepala Dinas Perdagangan Sudaharti kepada ISK.
Lebih lanjut plt.Kepala Dinas Perdagangan Sudarti (Ethik) menjelaskan Kelangkaan pupuk memang terjadi di hampir seluruh wilayah tanah air,namun pihaknya masih harus menunggu pengajuan permintaan dari Dinas Pertanian agar bisa jumlah tambahan kuota lebih tepat kebutuhannya.Sehingga diharapkan para petani bisa berkordinasi dengan kelompok tani agar bisa dilanjutkan kepada Dinas Pertanian.
“Saat ini pemakaian pupuk sudah melebihi kuota musim tanam pertama karena sempat terjadi kegagalan karena bencana beberapa waktu lalu justru dikawatirkan kelangkaan lebih serius terjadi pada musim tanam ke tiga.”Ungkapnya melalui telepon kepada ISK
Gambar : sergapntt.com
@Mr.