gravatar

Pelestarian Transportasi Klasik ''Delman'' Banyak Digunakan Dalam Pengiringan Ritual Religi

KUDUS-Salah satu transportasi tradisional di kabupaten Kudus tanpa menggunakan mesin selain becak, dan perahu yaitu kendaraan Delman. Delman ini tidak beroda tiga yang seperti becak akan tetapi beroda dua yang mengandalkan tenaga kuda. 
Kendaraan yang terkenal pada zaman pemerintah Hindia-Belanda, semakin sedikit dalam memanfaatkannya. Sekarang dunia sudah jauh berbeda, dimana teknologi sudah berkembang dengan pesatnya, transportasi bermesin yang penuh modifikasi mampu menghipnotis para masyarakat dalam memanfaatkannya.
 
Ya, meskipun mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.
Maka tidak suatu hal baru lagi, pemanfaatan kendaraan delman dari tahun ke tahun mengalami jumlah yang semakin menurun dari kuantitasnya.  Sementara itu di tanah jawa, kendaraan delman ini banyak yang melestarikannya pada suatu acara tertentu. Bentuk kendaraan delman yang tidak jauh beda, hanya saja dikasih hiasan yang memukau menjadikan warna dalam suatu acara pengiringan ritual religi, semisalnya Khitanan, Nikahan dan lain sebagainya. Wujud acara yang sedemikian rupa ini sebagai pelestarian nilai nilai budaya dan pukau estetika yang patut dipertahankan.

@Sang Pejuang