gravatar

Dilema Potensi Benda Cagar Budaya Kudus

KUDUS-ISK-Benda Cagar Budaya ini terletak di Desa Demangan dukuh tepasan (selatan Kelenteng masuk gang ke selatan)yang terdiri dari Susunan batu Bata menyerupai bangunan Candi dan disekitarnya terdapat batu lumpang.

Dari 42 situs Benda Cagar Budaya (BCB) di Kudus yang telah diinventarisasi, enam situs di antaranya telah didaftarkan dalam cagar budaya nasional. Keenam situs tersebut adalah Menara Kudus, Gapura Paduraksan, Masjid Loram Kulon, serta Masjid & Makam Sunan Muria dan termasuk Masjid Bubar terang Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan Disbudpar Kudus Sancaka D.Supani

Kondisi Masjid Bubar tersebut saat ini sungguh memprihatikankan ditengah kekayaan Kota Kudus akan artefak budayanya. Penulis buku Refilosofi Kebudayaan, Syaiful Arif melihatnya sebagai sebuah gejala tuna budaya, yakni kekayaan budaya yang dimiliki tak bisa dimaknai sebagai benda budaya yang memuat nilai-nilai di dalamnya.
 

Banyaknya bangunan yang menjadikan cagar budaya kabupaten Kudus yang begitu tampak kurang diperhatikan akan perawatannya berdampak pada turunnya nilai nilai budaya zaman terdahulu.
Kita berharap Pemkab Kudus dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus lebih Serius memperhatikan Banyaknya Kondisi Benda Cagar Budaya di Kudus yang masih terbengkalai.



@Jivan @Sang-Pejuang