gravatar

Berbulan Bulan Rusak, Jembatan Ploso Normal Kembali

ISK-KUDUS-Rehab jembatan ploso yang diselesaikan secara  tuntas selama kurang lebih satu bulan akibat hantaman material yang terbawa kuatnya arus air Sungai Gelis pada bulan Januari lalu, kini dapat digunakan kembali sebagai jalur transportasi yang secara normal.  Jembatan yang berada di tengah kota memang sudah puluhan tahun aktif sebagai jalur transportasi, maka suatu hal yang wajar jika jembatan ploso kini patut untuk di perbaiki. Hadirnya Bupati Kudus, H.Musthofa tadi pagi Rabu 14/5 beserta jajaran SKPD lainnya sebagai wujud peresmian atas bukanya jembatan ploso yang berbulan bulan mengalami kerusakan. 

Anggaran dana dari pemeliharaan rutin jalan dan jembatan APBD 2014 yang senilai Rp250 juta dengan masa perbaikan yang secara cepat hanya mampu berkapasitas berat kendaraan 10 sampai 15 ton. Jembatan yang berkapasitas terbatas ini memang sudah diuji coba  yang telah dilakukan secara bertahap tahap, karena bentuk perbaikan ini adalah bersifat sementara demi mengaktifkan kembali jalur transportasi. Kepala BMPESDM Kudus, Sam'ani Intakoris mengatakan,''Perbaikan jembatan yang dilakukan sesuai target selama kurang lebih 1 bulan, hanya mampu bertahan sampai 2016. Setelah itu diharapkan akan adanya pemugaran total,'' Ujar dalam sambutannya.
  

Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, pada Dinas Binamarga, Pengairan, Energi dan Sumber Daya Mineral (BPESDM) Kudus mengatakan,''Kerusakan jembatan tersebut hanya pada tiang penyangga yang terjadi kesalahan pada rekontruksi bangunan, sehingga didalam memperbaikinya harus ada penahan yang mampu bertahan maksimal sampai 2016, setelah itu akan adanya perbaikan total,''Tambahnya. Salah satu pengendara yang bernama Ahmadi (42) mengatakan,''Syukurlah, sudah lancar, jadinya tidak ribet dalam bertransportasi,''Ujarnya Idisaat mengendarai kendaraan kesayangannya.

@Sang Pejuang