gravatar

Burung Kepodang Sebagai Maskot Provinsi Jawa Tengah

Burung Kepodang Sebagai Maskot Provinsi Jawa Tengah

Burung Kepodang

Burung Kepodang adalah sejenis burung hias dengan bulu - bulunya yang cantik serta burung ini terkenal dengan pesolek yang tampil rapi dalam membuat sarang, jika kita akan membedakan antara jantan maupun betina tentunya sangat kesulitan karena burung ini semuanya mirip dari segi bentuk fisik maupun bulunya itu tersendiri.

Selain itu, burung ini selalu identik sebagai maskot bagi provinsi jawa tengah yang dipahami sebagai burung berwarna kuning, yang mengandung makna filosofi sebagai generasi muda, anak, keindahan, kekompakan, dan keserasian. Serta burung ini sering di mitos kan di jawa bahwa dahulu pada saat sorang ibu yang hamil apabila memakan daging burung kepodang ini konon katanya jika lahir anak laki - laki maka anak tersebut tampan, dan jika lahir seorang anak perempuan maka anak tersebut cantik. Namun keberadaan burung kepodang saat ini di indonesia sendiri sangatlah langka, akibatnya banyak masyarakat yang memburunya untuk dijadikan sebagai burung hias.

Sementara itu, penyebaran populasi burung kepodang tersendiri tersebar di asia seperti Indis, Philipina, dan Indonesia. keunikan burung kepodang bisa meniru suara burung lain seperti burung suara Cucakrawa, Muraibatu, Kacer, dan Trucukan. Demikian info mengenai Burung Kepodang.

#Oemam