gravatar

Modal Hand Phone, Bisa Jadi Jurnalis

KUDUS-ISK-Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat di era dewasa ini, Mengakibatkan semua keperluan menjadi mudah dan instan. Namun berbagai hal dari segi kecanggihannya juga pastinya akan mengubah pola dan perilaku masyarakat dan peradaban manusia secara global. 
Tentu saja dapat mendorong kehidupan manusia ke arah yang bersifat modern. Bahkan teknologi sederhana seperti handphone yang hanya mempunyai fasilitas kamera, sekarang dapat dimanfaatkan sebagai media jurnalis dalam menyampaikan informasi. Tentu saja dengan adanya teknologi tersebut, masyarakat dapat mendapatkan kesempatan serta merasakan bagaimana menjadi jurnalis yang biasa kita kenal dengan Citizen Jurnalism (jurnalis masyarakat-red). Keadaan semacam ini membuktikan bahwa menjadi jurnalis tidak harus terjun kedalam media, faktanya masyarakat biasa pun juga bisa menjadi jurnalis dengan fasilitas yang berisi informasi secara lengkap akurat dan bertanggung jawab.
 
Menurut Humas Polda Jateng KOMBES POL Alusius Liliek Darmanto di sela-sela kunjungannya ke Polres Kudus dalam melakukan pengecekan dan kesiapsiagaan pengamanan Pemilu 2014 mengatakan ''Jurnalis sekarang tidak hanya dimiliki oleh media surat kabar saja, handphone yang dimiliki masyarakat pada umumnya yang berfasilitas kamera dapat di jadikan media informasi, tentu saja masyarakat biasa pun berkesempatan menjadi jurnalis.'' ujarnya.
Kredibilitas dari citizen jurnalist ini, banyak yang menganggap bahwa dalam menjalankan berita hanya mementingkan aktual saja, tidak mengupas sedalam mungkin dan bagaimana penjelasan dari isi informasinya sehingga berita yang disajikan tersebut menjadi akurat.
''Memang hal seperti itu pasti terjadi, tinggal bagaimana cara medianya itu sendiri dalam memanage berita yang di sajikan dapat di percaya oleh masyarakat,''imbuhnya KOMBES POL Alusius Liliek Darmanto Humas Polda Jateng.

#Sang_Pejuang #Oemam #Hkr #Dj_Owik #Gula #Jivan

*Redaksi