gravatar

BUPATI KUDUS: MUSRENBANG Untuk Kesejahteraan Masyarakat

 KUDUS-ISK (27/3) - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (musrenbang RKPD) KabupatenKudus Tahun 2015 dilangsungkan di pendopo Kabupaten Kudus, Rabu (26/3). Mengambil tema mewujudkan Kudus yang semakin sejahtera melalui pemerataan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini dihadiri ratusan peserta terdiri dari anggota DPRD, SKPD Pemkab Kudus, camat, lurah/kades, perguruan tinggi, dunia usaha, berbagai asosiasi profesi dan lembaga swadaya masyarakat, serta tim penyusun RKPD.

Para peserta dibagi dalam empat kelompok. Setiap kelompok akan membahas sesuai bidang yang ditangani. Keempat bidang tersebut adalah kelompok I bidang pemerintahan, kelompok II bidang ekonomi, dan kelompok III bidang fisik dan sarana prasarana. Sedangkan kelompok terakhir membahas bidang sosial budaya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengklarifikasi usulan, menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan. Selain itu untuk verifikasi indikator program dan kegiatan, serta menyepakati program dan kegiatan prioritas daerah. Sehingga nantinya rincian rencana kerja SKPD akan dihasilkan beserta regulasinya.

Pada sambutan pembukaan pelaksanaan musrenbang ini, Bupati Kudus H. Musthofa menyampaikan kagum dengan kehadiran peserta yang cukup banyak. Dirinya berharap agar pelaksanaan ini mampu menghasilkan penyusunan perencanaan pembangunan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kudus.

”Semoga musrenbang ini mampu merumuskan perencanaan program kerja pembangunan yang sinergis antara program pembangunan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, hingga pemerintah kabupaten,” harapnya.

Bupati menyatakan bahwa forum ini sebagai media konsultasi publik. sehingga dirinya berharap masyarakat bisa mengikuti dan memberikan masukan untuk penyusunan program pembangunan bagi masyarakat Kudus. Karena muara akhir dari perencanaan ini adalah untuk kepentingan masyarakat kabupaten Kudus secara luas.

”RKPD 2015 ini untuk menentukan langkah-langkah strategis pembangunan demi terwujudnya masyarakat Kudusyang semakin sejahtera,” tegasnya.

Ditambahkannya pula, bahwa untuk mewujudkan visi tersebut pemkab Kudus telah menetapkan misi dalam pencapaiannya. Di antaranya pemberdayaan UMKM, wajib belajar 12 tahun, fasilitas kesehatan yang murah, perlindungan usaha, dan pembangunan perekonomian. Selain itu pembangunan infrastruktur, pemerintahan yang baik, serta pemberdayaan masyarakat tak luput dari misi yang akan dicapai.

Dengan sinkronisasi program dan kegiatan yang baik, akan dihasilkan output dan outcome yang akan dampak positif bagi prioritas pembangunan. Sehingga ada skala prioritas yang jelas untuk dipilah-pilah sesuai anggaran yang ada.

Di akhir sambutannya, Bupati menegaskan bahwa pembangunan negara yang baik diawali dari perencanaan pembangunan dari desa. Maka, tidak berlebihan jika kepala desa sudah seharusnya paham dengan aturan serta bisa merencanakan kegiatan pembangunan sesuai kebutuhan bersama seluruh masyarakat. Dengan demikian pembangunan akan yang dilaksanakan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. (humas)
#Sang_Pejuang #Oemam
*Redaksi