gravatar

Spunbond Bahan Ramah Lingkungan Pengganti Plastik

Spunbond Non Woven Adalah

Kain Spunbond / Non Woven adalah bahan pengganti plastik ataupun kertas yang biasanya sangat cocok dibuat untuk tas souvenir, promosi perusahaan dengan menampilkan logo perusahaan, bahkan bagus juga buat souvenir wedding digunakan untuk shopping baggoody bagTas Ulang Tahun, Pouch, souvenir dll. Bahan ini memiliki kelebihan lebih tahan lama serta ramah lingkungan karena bahan ini bisa di daur ulang. Di luar negeri penggunaan bahan ini sebagai shopping bag pengganti plastik sudah sangat populer karena penggunaan plastik sudah mulai dibatasi saat ini.
Spunbond Non Woven

    Non-wovens didefinisikan sebagai kain terstruktur datar, seperti lembaran atau jaring, tidak dibuat dengan menenun tetapi oleh ikatan dan melibatkan serat dengan cara mekanik, termal atau proses kimia.



Non woven atau istilah lainnya polypropylene merupakan kain yang ramah lingkungan yang banyak digunakan saat ini sebagai bahan pengganti plastik. Penggunaan kain non woven sekarang ini semakin meluas mulai dari dunia kesehatan, otomotif, industri, dan yang sedang marak saat ini adalah shoping bag (di Indonesia terkenal dengan nama tas spunbond atau spunbond bag ).

Cina adalah kekuatan yang mendominasi di non woven antara wilayah Asia-Pasifik dan terbesar ketiga wilayah memproduksi setelah Amerika dan Eropa, hal ini terkait dengan perubahan gaya hidup, naiknya kelas menengah, dan ekonomi. Di negara maju seperti Amerika dan Eropa penggunaan tas dari bahan ini sangat populer karena penggunaan tas plastik sudah mulai dibatasi.

Indonesia pun sebagai negara berkembang pengunaan bahan non woven mulai marak. Tas spunbond atau spunbond bag banyak digunakan mulai dari perkantoran, perhotelan, pertokoan bahkan sampai rumah tangga sekalipun. Tidak hanya masyarakat perkotaan, masyarakat pedesaan pun juga menggunakan. Maka tidak heran ketika kita datang ke sebuah acara seperti syukuran, tujuh bulanan (tingkepan istilah jawanya), tahlilan, pengajian dan banyak acara lainnya, makanan atau kue-kue yang diberikan dikemas dalam tas spunbond. Selain terlihat lebih bagus dan terkesan mewah, orang-orang lebih menyukai dibandingkan dengan tas plastik karena bentuknya yang beragam.
Yang paling penting, kain non woven dapat didaur ulang, yang sangat bagus untuk lingkungan.


KudusPedia