gravatar

SMKN 1 Kudus Sekolah Kejuruan Pertama yang Mewajibkan Siswa Mampu Memasak 30 Kuliner Tradisional Khas Indonesia


SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri-red) 1 Kudus menjadi Sekolah Kejuruan  satu-satunya di Indonesia yang anak-anak didiknya diwajibkan untuk sanggup memasak 30 ikon jenis kuliner khas Indonesia.
Sekolah Kuliner ini diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, dan disaksikan oleh Bupati Kudus H. Musthofa, Jajaran SKPD, Direktur PT Djarum Foundation, Managerial Bank BNI dan para tamu undangan.



Program yang bergerak sebagai pelajaran disektor Tata Boga ini dilakukan untuk mengajak para generasi muda Bangsa agar lebih mengenal, mempromosikan, dan bahkan bisa membuat makanan/ minuman khas Indonesia. " Kita sudah lama mengenal kuliner Indonesia, tetapi yang selama ini tidak kita kenal adalah bagaimana melatih, menciptakan minat dan niat para siswa. Bukan untuk menjadi koki secara umum, tetapi sebagai koki spesifik dengan citra Bangsa. Jadi jangan kaget jika suatu saat ketika kita memikirkan kuliner Indonesia pada level SMK, adalah datang ke Kudus. Kenapa di Kudus? karena setelah mencicip berbagai makanan kuliner khas nusantara hampir sebagian ada di Kudus dan rasanya berbeda dibanding di daerah lain, sangat ciri khas", ungkap William Wongso salah satu pakar kuliner Indonesia kepada kontributor ISK di lapangan.

Jurusan kuliner ini juga dilaksanakan berkat kerjasama antara SMKN 1 Kudus, Djarum Foundation, dan Bank BNI. 
Sekolah Kuliner Dapur Nusantara BNI yang baru didirikan ini terdiri dari Teaching Kitchen dengan standar internasional, ruang kelas memasak dengan Cooking Teater, dan Teaching Restauurant sebagai ajang praktek para siswa dan siswi dalam menyajikan 30 ikon kuliner tradisional Indonesia.
" Di samping untuk membawa 30 ikon kuliner tradisional Indonesia ke kancah dunia, tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan Kualitas Sekolah menengah Kejuruan  yang ada di Kabupaten Kudus serta membuka kesempatan berkarir yang lebih luas di sektor ekonomi kreatif dalam lingkup domestik maupun internasional ", ujar Primadi H. Serad selaku Program Director Djarum Foundation.
Dengan diresmikannya Sekolah Kuliner Dapur Nusantara BNI ini, diharapkan SMKN 1 Kudus dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan tinggi dalam berkarya membangun bangsa dan sanggup mengangkat citra kuliner tradisional khas Indonesia hingga ke kancah Internasional.

@redaksi #ed.hkr