gravatar

MANFAAT BUAH KERSEN BAGI TUBUH MANUSIA

Namanya Buah  Kersen atau talok (Muntingia calabura .) di Kudus menyebutnya,Tumbuhan yang mempunyai Karakter mudah Tumbuh dan memiliki banyak daun sehingga menjadi alternatif buat Menghijaukan Tempat Gersang.Namun disisi lain daun yang gugur juga sangat banyak sehingga membuat sering membersihkan daun yang berceceran di mana mana. Apalagi sejenis ulat tanpa bulu  bertanduk yang gemar di pohon yang menjadikan buah kersen sebagai makanannya, Tentu saja harus berhati hati saat mengkonsumsinya. ada sebagian Masyarakat yang Percaya Bahwa Buah Karsen ini berkasiat Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh?namun hal ini perlu dikaji kebenarannya. 
 Kandungan gizi yang terdapat pada buah kersen tidak kalah dengan buah yang lain misalnya mangga. Kandungan vitamin C buah mangga 30 mg, sedangkanpada buah kersen 80,5 mg, selain itu kandungan kalsium pada bua kersen 124,6 mg, jauh lebih banyak dari buah mangga yang hanya 15 mg. 

Buah kersen mengandung zat-zat yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kandungan buah kersen antara lain setiap 100 gram kersen mengandung air (77,8 gram), protein (0,384 gram), lemak (1,56 Gram), karbohidrat (17,9 gram), serat (4,6gram), abu (1,14 gram), kalsium (124,6 mg), fosfor (84mg), besi (1,18mg), karoten (0,019g), tianin (0,065g),ribofalin(0,037g),niacin (0,554 g) dan kandungan vitamin C (80,5 mg) nilai energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram. 

Buah kersen dapat menyembuhkan asam urat? Ya, dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat. Sebab buah kersen mengandung kadar purin rendah. Selain itu tingginya kandungan air pada buah kersen dapat melarutkan purin yang mengendap pada ginjal atau persendian. 

Kandungan itulah yang membuat buah kersen mampu mengobati asam urat. Dan ketika susah buang air besar, cobalah memakan beberapa butir buah kersen, buang air besar akan menjadi lancar. Hal ini membuktikan bahwa buah kresen mengandung serat cukup tinggi. Selain buah kersen, daunnya pun juga mempunyai manfaat yang baik untuk
kesehatan, antara lain bisa sebagai anti tumor, karena mengandung senyawa flovanoid. Manfaat lain rebusan daun kersen adalah sebagai antiseptic dan anti flamasi/radang. 

@Admin.